Sebelum memulai mencari beasiswa dan mencari sekolah yg kita tuju, kita harus mempersiapkan administratif2 sebagai berikut:…

copas dari milis beasiswa@yahoogroups.com. Posted by: setiawan_kusmulyono@xxxxx.com. Oya, email sengaja saya sembunyikan untuk mencegah spam dan virus. bagi yg ingin mengontak ybs, silakan menghubungi saya via kotak komentar. Semoga bermanfaat..

***

Dear para pejuang..

Mungkin informasi ini bisa berguna bagi rekan semua..

Sebelum memulai mencari beasiswa dan mencari sekolah yg kita tuju, kita harus mempersiapkan administratif2 sebagai berikut:

1. Ijazah + translatenya (translate tdk perlu legalisir krn lsg dgn cap dr penerjemah tersumpahnya) + file softcopynya (scanned) + legalisir aslinya

2. Academic transcript + translate + file softcopy (scanned) + legalisir aslinya.

3. Passport + file softcopy. Punya passpor lebih dulu akan mmprmudah mndptkan surat penawaran kuliah

4. IELTS (usahakan sdh tes dulu dan dpt nilai min 6.5). Tes IELTS bisa di IDP dan IALF. Punya IELTS lbh menguntungkan drpda TOEFL (krn ada konversinya) . Berikut konversinya:

Ielts 5.0 = toefl 500

Ielts 5.5 = toefl 527

Ielts 6.0 = toefl 553

Ielts 6.5 = toefl 580

Ielts 7.0 = toefl 617

IELTS biayanya sekitar aus$200 atau 1.6 juta.. Kalau toefl lebih murah yg di Aminef.. Sekitar 300 rban.. Jadwal bisa search di idp dan ada sekitar 2 minggu sekali ieltsnya..

5. CV.. Beberapa mensyaratkan CV dan jika disertakan akan sangat membantu.. In english.. Format europass CV ckp representatif utk digunakan secara global

6. KTP + file softcopy. Usahakan juga pnya file Kartu Keluarga

7. Akta Kelahiran.. Diusahakan juga dtranslate ke English

8. Proof of Employment. Kalau sdh bekerja, meneyertakan dokumen ini akan sangat membantu. Bisa didapat di puket akademik atau personalia perusahaan.

9. Scanlah beberapa dokumen tmbahan penting seperti sertifikat prestasi atau sejenisnya yg berkualifikasi baik.. Lumayan utk menunjukkan sisi non akademis kita

TIPS:

Untuk bisa mendapatkan Letter of Acceptance ada 2 cara, online dan datang saat pameran..

Keduanya relatif gratis, akan tetapi better dtg ke pameran yg diselenggarakan oleh agen, sprti idp, aused, atau sejenisnya. Disitu kita bisa langsung tnya dgn repnya dan bisa kasih langsung aplikasi kita..

Karena kadang beasiswa meminta persyaratan sudah diterima di kampus yg dituju..

SEMANGAT BERJUANG DAN JANGAN LUPA KEMBALI KE INDONESIA

:)

Salam

M. Setiawan Kusmulyono

Entrepreneurship Development Center

Prasetiya Mulya Business School

Jakarta – Indonesia

About these ads