Shopping? ga jaman!! Blogging dong..!!

Kutipan itu saya temukan tanpa sengaja ketika sedang berselancar di dunia maya. Seorang anak sekolah bernama Uzie menuliskan judul tulisan itu di blognya, botsu.blogspot.com. Uzie menyebut dirinya bocah biru belia, alias botsu. Ia merangkum beragam pendapat mengenai blog beserta gagasannya untuk ‘memasyarakatkan blog dan menge-blog-kan masyarakat’ (ini murni istilah saya setelah membaca tulisan Botsu).
Penasaran, saya teruskan membaca tulisan itu hingga akhir. Saya menemukan Botsu gelisah melihat teman-temannya yang hobi belanja. Bagi botsu, urusan hobi belanja ini bukan perkara sepele tapi menyangkut masa depan negara ini.

Tapi kalau shopping sampai dijadikan hobi dan ditempatkan dalam kalimat “males………..mending shopping”, ini lain lagi masalahnya, ini bisa menyangkut masa depan bangsa Indonesia yang berkemanusiaan adil dan beradab. Saya sebagai seorang anak yang bangga menjadi warga negara indonesia merasa perlu menghentikan kenistaan ini .
(http://botsu.blogspot.com/2007/01/shopping-ga-jaman-blogging-dong.html)

Botsu menutup tulisannya dengan ajakan blogging. “Dengan blog kita belajar menulis dan menyampaikan pendapat. Blog bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik”, tulis Botsu.

Blogging?…hmmm…apaan tuh?

Bagi yang bingung dengan istilah ini, blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diperbaharui secara teratur dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik. Blog awalnya dikembangkan oleh segelintir programmer komputer. Seiring perkembangan teknologi, blog makin mudah digunakan bahkan oleh orang yang tidak paham komputer. Kini ribuan orang di seluruh dunia telah memiliki blog. telah berkembang menjadi catatan harian (diary online), jurnal, foto, bahkan video.
Ada beberapa istilah yang berasal dari kata blog. Misalnya, blogging yaitu semua jenis aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan blog (menulis/post, mengatur blog, dan lain-lain). Ada juga istilah blogwalking atau jalan-jalan ke blog milik orang lain, dan masih banyak lagi lainnya