1. Salah satu keuntungan berteman dengan orang-orang hebat di twitterland dan menyimak ocehannya adalah, kita bisa mendapat banyak ilmu dan pengetahuan secara gratis (kecuali akses internet atau biaya pulsanya). Salah satunya adalah kuliah via twitter yang baru-baru ini disampaikan oleh mas Yanuar Nugroho (buat yang belum tau siapa dia, pls guggling aja yah?). Barusan blio kasi kuliah tentang salah satu tokoh Sosiologi Modern, Jean-Francois Lyotard. Cukup panjang juga kuliah blio, so, saya ga akan habiskan waktu anda untuk membaca tulisan saya. Monggo di nikmati tulisan blio… 


    o. Istilah ‘modern’ digunakan u/ m’gambarkan dunia, gy hidup masy, & rasa ttg prubahan & pbedaan yg mmbedakan saat ini dr ms lalu. #lyotard

  2. istilah #posmo digunakan u/ m’gambarkan (1) hidup dan masy di masa depan, sesudah masa modern … #lyotard
  3. #posmo digunakan u/ m’gambarkan: (2) hal-hal yg membedakan hidup saat ini dan masa depan yg b’beda dari masy barat pasca PD2. #lyotard
  4. krn itu istilah #posmo dipakai u/ ‘merangkul’ keluasan filsafat dan pemikiran yg mau m’gambarkan masy pasca-modern. maksudnya? #lyotard
  5. cara pandang pemikir #posmo ini b’beda dr yg selama ini diajukan oleh para filsuf dan pemikir sosiologi, tmsk sosiologi modern. #lyotard
  6. #lyotard (dan juga #baudrillard) mencoba mengajukan gagasan #posmo dlm perspektif yg menolak teori2 sosiologi klasik & modern.
  7. #lyotard ingin mengembangkan kerangka teoretis yg valid dan akurat u/ m’gambarkan jenis masy baru yg muncul di akhir abad 20 …
  8. menurut #lyotard, masy yg muncul akhir abad 20 ini adalah #posmo, dlm pengertian, secara fundamental baru & berbeda dr masy sblumnya.
  9. kaum #posmo spt #lyotard mmg menolak mentah2 SELURUH gagasan sosiologi tradisional. tmsk k’mampuannya mnjelaskan arah pkembangan masy.
  10. kaum #posmo spt #lyotard menolak gagasan bhw masy b’kembang baik mll evolusi ataupun revolusi menuju masa depan yg lbh baik.
  11. kaum #posmo spt #lyotard menolak metoda ilmiah dan kekuatan akal dan obyektivitas untuk mnemukan kebenaran ttg masy & sjarahnya.
  12. singkatnya, kaum #posmo spt #lyotard mnolak gagasan2 sosiologi sjk #marx#weber#durkheim hingga pencerahan yg mlahirkan ‘ilmu’ sosial.
  13. para #posmo spt #lyotard lbh relativis, subyektif, yg percaya tak ada kebenaran mutlak, mlainkan keragaman keyakinan & perspektif.
  14. peran sosiologi bg pmikir #posmo spt #lyotard: BUKAN utk mnjelaskan realitas & mencari kebenaran, tapi mengakui & merayakan kragamannya.
  15. apa kontribusi khusus #lyotard bagi perkembangan gagasan dan pemikiran #posmo? ada dua yang utama.
  16. pertama, #lyotard mnyerang pkembangan & pmikiran intelektual modern: ia tinggalkan marxisme, lalu kritik marxisme & kapitalisme liberal.
  17. catat bhw marxisme & kapitalisme liberal adl 2 ideologi dominan pasca perang. mengapa #lyotard mengkritik keduanya habis2an?
  18. #lyotard menentang gagasan ttg sains & teknologi modern dan klaim arogan bahwa iptek akan memajukan manusia & mnyelamatkan dunia.
  19. dlm pandangan #lyotard, perkembangan ‘technoscientific’ adalah sumber derita, bukan keselamatan, manusia. juga menjauhkan kaya-miskin.
  20. #lyotard m’anggap perkembangan ipteklah pangkal eksploitasi negara duania ketiga, menciptakan kemiskinan intelektual.
  21. lebih jauh lagi #lyotard m’anggap dgn mnyingkirkan kecerdasan emosional, manusia menciptakan dunia yg efisien tetapi bangkrut scr emosi.
  22. di dunia yg bangkrut scr emosional inilah, menurut #lyotard, pengalaman dan dan emosi manusia tidak punya tempat lagi. alienasi.
  23. merujuk pada seni & arsitektur modern, #lyotard berargumen bahwa seni modern & bangunan futuristik kehilangan kehangatan manusiawi …
  24. totalitarianisme iptek, kata #lyotard, brkali telah menguasai dunia modern, tp di bawah permukaan, ada alienasi, ketidakpuasan …
  25. ketidakpuasan & alienasi ini, kt #lyotard, akan b’kembang, menantang & menyingkirkan kekuatan ‘reason’ dan kuasa ilmuwan & teknolog.
  26. kedua, #lyotard mencoba mensketsakan visi alternatif masyarakat berdasar pada pluralitas dan keragaman (diversity).
  27. upaya #lyotard ini terlihat dari bukunya “Post Modern Condition” (1979) dan “The Differend: Phases in Dispute” (1983)
  28. di kedua buku itu, #lyotard sbnarnya berargumen bahwa masy #posmo b’akar dari p’bangunan th 1950an dan terlihat dr p’ubahan bahasa.
  29. dg ggsan ‘permainan bahasa’ (language game), #lyotard b’argumen bhw hidup sosial sbnarnya diatur oleh sklp kecil lewat debat & diskusi..
  30. klp kecil yg menguasai debat & diskusi ini, mnrt #lyotard, juga mendesakkan gagasan mereka ttg kebenaran dlm masy scr luas.
  31. dlm masy pra-industri, permainan bahasa ini trjadi lewat mitos dan legenda, yg m’pengaruhi tata sosial dan kuasa masy saat itu. #lyotard
  32. lewat abad pencerahan & revolusi ilmiah, masy modern barat beranjak dr language game eropa medieval, gereja & iman kristen … #lyotard
  33. .. menuju pada ‘reasoning and objectivity of scientific method’. ‘reason’ mnjd dominan dlm language game, atau ‘narasi’, mnrut #lyotard
  34. bg #lyotard, ilmu modern adl sebuah ‘metanarasi’: narasi super yg bs mnjelaskan sluruh narasi lain sejak einstein, marx, hingga darwin.
  35. namun #lyotard menolak ‘grand theorising’ semacam ini dan percaya bahwa orang sudah kehilangan kpercayaan pada kesempurnaan teknologi.
  36. bagi #lyotard manusia #posmo justru menunjukkan ketakpercayaan pada metanarasi ini – dan sadar bhw pkmbangan ilmu bawa konsekuensi.
  37. manusia #posmo, mnrt #lyotard, sadar bhw kmajuan ilmu skaligus m’bawa bibit2 p’hancuran bg manusia sendiri, mulai nuklir sd obat2an.
  38. bagi #lyotard, ada dua karakteristik kunci masy #posmo: satu: ditinggalkannya upaya mencari satu kebenaran mutlak …
  39. dua: munculnya language game teknikal spesialis – yg tujuannya semata u/ m’produksi barang dan gagasan dan membawanya ke pasar. #lyotard
  40. bagi #lyotard, daya/kekuatan produksi yg utama adalah komputer – yg kini ada di garda depan setiap pkembangan iptek.
  41. kini pengetahuan makin terkomputerisasi, dan kehidupan sosial modern, apalagi ekonomi, makin berputar sekeliling komputer & IT. #lyotard
  42. kontrol thd IT kini mnjadi salah satu arena perang utama dimana yg menang nanti akan menguasai dunia dan isinya lewat jejaring. #lyotard
  43. bagi #lyotard, produksi, pertukaran, dan penggunaan pengetahuan adalah jantung masy #posmo.
  44. bagi #lyotard, pengetahuan itu diperjualbelikan, dipasarkan – dan mendefinisikan relasi sosial dan ekonomi masy #posmo
  45. pencarian pengetahuan yg bisa dipasarkan, telah mengganti upaya mencari kebenaran sebagai penggerak ilmu modern. #lyotard
  46. karenanya, pengetahuan telah mnjad sumber dominasi teknologis yg m’ancam m’perbudak jiwa manusia & menghambat kreativitas. #lyotard
  47. namun #lyotard tidak spenuhnya pesimis. meski teknologi telah memberi “as much terror as we can take”, masih ada harapan …
  48. kragaman masy #posmo dan kecanggihan teknologi mlahirkan toleransi & potensi komunikasi di luar struktur tradisional kekuasaan. #lyotard
  49. jelaslah #lyotard menolak absolutisme ‘grand theory’ atas relativisme yg terlibat dlm pertarungan paradigma & narasi, yg mklaim ‘truth’.
  50. dlm perspektif #lyotard, tidak ada kebenaran tunggal – yg ada hanya pertarungan merebut dominasi intelektual yg mndefinisikan kebenaran.
  51. #lyotard mendorong upaya mendesakkan ‘paralogy’: debat tiada henti yg b’dasar pd, dan m’gunakan, semua sumber pengetahuan modern.
  52. hny lewat paralogy ini, mnrt #lyotard, yg paling lemah, tersingkirkan, dll., bisa berkontribusi dlm ‘language game of the future’.
  53. contoh saat ini: korporasi besar mgk mengontrol teknologi ms depan, tapi manusia sedunia bisa mendiskusikannya lewat internet. #lyotard
  54. kritik #lyotard thd grand theory dan tradisi ilmiah brkali telah menghantam jantung psyche #posmo. Mengapa?
  55. manusia hari2 ini makin peduli, jika tidak makin ngeri, thd pkembangan teknologi – makin sadar dampaknya thd diri & lingkungan. #lyotard
  56. teknologi modern nampak mulai tak terkontrol, hny memenuhi nafsu korporasi dan birokrasi dan bukan melayani kemanusiaan. #lyotard
  57. ekses dan eksploitasi kapitalisme barat makin jelas seiring runtuhnya ideologi2 macam komunisme. tapi juga ada sisi lain. #lyotard
  58. kapitalisme global yg makin dominan jg tnyata juga makin beragam, plural dan sensistif thd HAM dan keadilan. #lyotard
  59. pkembangan2 ini, pada saat yg sama mengkritik/menentang thesis #lyotard tapi juga sekaligus mendukungnya. Mengapa?
  60. krn smntr keragaman & kemanusiaan yg digagas #lyotard tumbuh, relativisme moral tnyt tidak m’gantikan upaya mncari kebenaran tunggal.
  61. sekian catatan saya ttg #posmo menurut, dan yang dikontribusikan oleh, #lyotard. smoga berguna. silakan berdiskusi; saya mendengarkan🙂