Sejak duduk di kelas 3 SD, Indi memilih mengikuti seni vokal sebagai kegiatan ekstra kurikulernya. Indi sangat bersemangat dalam setiap latihan sepulang sekolah. Tak jarang ia pulang dengan suara serak, karena latihan nada tinggi. 

Indi merupakan salah satu anggota vokal group Peace Voice (PV), yang dibimbing oleh salah seorang guru di sekolah tersebut. Yang menarik, PV sering menyanyikan lagu-lagu ciptaan guru mereka sendiri. Kebetulan salah satu guru Indi adalah mantan anggota grup Nasyid (sayang saya lupa namanya), dan punya keahlian mengarang lagu. Saya menganggap hal ini sangat bagus, karena anak-anak menyanyikan lagu yang sesuai dengan jiwa dan semangat mereka. 

Hingga saat ini PV memang lebih sering tampil dalam acara-acara yang di selenggarakan sekolah. Saya sampai hapal lirik dan gerakan grup ini, saking seringnya mereka tampil. Di sisi lain, saya selalu merasa terharu melihat mereka pentas… Rasanya tak percaya melihat Indi yang sedemikian dewasa dan ceria di atas panggung..

Gambar

Tanggal 20 Januari 2013 lalu, grup ini tampil dalam konser musik yang diadakan oleh salah satu sekolah musik asuhan salah satu guru di SD Indi. Konser itu diadakan untuk melatih semangat dan memotivasi murid-murid sekolah musik tersebut ketika pentas.

Gambar

Meski ada beberapa kekurangan di sana sini, konser itu cukup memberi wawasan pada saya, bahwa bermain dan belajar musik adalah hal penting bagi anak. Konser itu sekaligus menyadarkan saya bahwa Indi punya kelebihan dan seni vokal. Dia hanya perlu melatih dan mengolah vokalnya dengan lebih serius.. Ungkapan ‘practice makes perfect’ memang benar adanya.