Memang mengeluh itu tidak akan menyelesaikan masalah. Saya adalah salah satu dari sekian orang yang punya prinsip bahwa seseorang harus menjalani keputusan yang telah dibuatnya, apapun konsekuensinya. Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan, pertimbangkanlah dengan matang dengan melihat segala macam konsekuensi. Robert K Merton menyebutnya sebagai fungsi manifes.

Tentu saja, seiring berjalannya waktu, akan muncul konsekuensi-konsekuensi yang luput dari perhitungan awal. Merton menyebutnya sebagai fungsi laten. Namun sebagai manusia dewasa, fungsi-fungsi laten itu tetap harus dijalani meski mungkin harus melakukan banyak kompromi, negosiasi dan pengorbanan. Saat melakukan kompromi/negosiasi dan pengorbanan tersebut, berbagai pertimbangan pasti akan dipikirkan untuk meminimalkan konsekuensi negatif pasca pengambilan keputusan. 

Intinya, manusia akan selalu berada dalam posisi penuh pertimbangan sejak sebelum, pada saat dan setelah mengambil keputusan. Yang paling penting adalah, komitmen untuk menjalani keputusan itu agar tetap memiliki harga diri sebagai manusia. 

*Catatan reflektif untuk saya sendiri yg sering merasa menyesal dengan berbagai keputusan yang telah saya buat*