Pagi ini, kabar mengejutkan datang dari dunia akting dan film. Alan Rickman, actor film dan theatre, meninggal dunia karena kanker. Alan yang lebih dikenal dalam perannya sebagai Professor Snape di film Harry Potter, telah merebut hati saya. Sebagai Prof. Snape, akting Alan membuat saya benci setengah mati, lalu jatuh cinta setengah hidup. Dalam sequel Harry Potter, saya bahkan lebih menyukai Alan dari pada Daniel Radcliffe. Akting alan terlihat lebih … hidup. Mungkin karena gemblengan sebagai pemain teater, membuat aktingnya tampak sangat riil. Bagi saya, hanya actor Robert de Niro yang bisa menyamai. Tentu saja, penilaian ini sangat subyektif…

Ketika saya menonton Sense and Sensibility, di mana Alan berperan sebagai Colonel Brandon, saya makin jatuh cinta. Selain karena ceritanya bagus, akting Alan menghidupkan tokoh Colonel Brandon yang rela berkorban apapun untuk Marianne, perempuan yang ia cintai. Saya menangis saat menonton film itu. Saya membayangkan, betapa sakit hati Colonel Brandon melihat Marriane ternyata mencintai laki-laki yang telah menghancurkan hidup anak perempuannya. Adegan favorit saya adalah ketika Marriane sakit, lalu Colonel Brandon berjalan mondar-mandir di depan kamar tidurnya Ketika Elinor, kakak perempuan Marriane, keluar dari kamar, Brandon berkata: “Ask me to do something..or I will run mad..”  oohh.. so sweet…

Pada akhirnya, actor hebat itu harus menyerah pada penyakit kanker ia  derita.  Sayang sekali, ia tidak akan bisa melakukan cita-citanya ini…

alan rickman

 

 

 

 

Selamat jalan, Professor Snape.. terima kasih telah mewarnai hidup kami, saya dan anak-anak saya, dengan kekerasan hatimu untuk menutupi betapa engkau masih dan selalu mencintai Lily Potter.

Selamat Jalan, Colonel Brandon… terima kasih telah menunjukkan bahwa cinta terkadang tak perlu banyak bicara. Apa yang engkau lakukan untuk meunjukkan cinta, jauh lebih penting ketimbang mengumbar kata-kata..