Saya mewarnai #mandala ini denganmenggunakan Fabercastell soft pen (spidol) dan Crayola Colored Pencils

Saya mewarnai #mandala ini dengan menggunakan Fabercastell soft pen (spidol), Fabercastell Classic Color Colored Pencils 24 dan Crayola Colored Pencils

Sejak dua bulan ini, saya cukup aktif mewarnai gambar utk orang dewasa (‪#‎coloringforadults‬). Gambar2nya sebagian saya download dr internet, sebagian dari buku Nature Mandala Coloring Book yang saya beli di Book Depository. Coloring for adults cukup mengasyikkan bagi saya. Tapi tulisan ini tak hendak membahas tentang manfaat kegiatan ini. Silakan gugling dg kata kunci tersebut, dan bersiaplah dengan hasil2 riset yg menunjukkan fungsi positif coloring for adults. So, instead of discussing about it, I want to share my experience in using different brand and type of coloring pensil and marker.

fabercastell classic color color pencils 24Awalnya saya menggunakan pensil warna Fabercastell Classic color dan marker. Saat saya mewarnai gambar2 yang saya download dr internet, merk ini cukup enak dipakai. Mungkin karena kualitas kertas yg saya pakai adalah kertas standard (70gram), jadi saya tak perlu susah2 mewarnainya. Tak perlu banyak tekanan dari tangan saya untuk menghasilkan warna yg saya inginkan. Sayangnya, kertas ukuran 70 gr tak ramah bagi spidol (marker/soft pen), karena hasilnya pasti tembus ke belakang kertas. Namun ketika saya mewarnai ‪#‎mandala‬ di buku Nature Mandala, saya agak kesulitan untuk mendapatkan warna yang saya inginkan. Kualitas kertas yang bagus dan berat kertas yang cukup tebal, justru membuat tangan saya sakit karena saya harus menekan pensil kuat2 agar warna dari pensil warna Fabercastell sesuai dg yg saya inginkan.

Prismacolor Water color pencils 24Lain halnya ketika saya menggunakan pensil warna merk Prisma Color. Wenaakk… banget. Inti pensil yang empuk, membuat tangan saya bergerak dengan santai karena warna yang dihasilkan cukup bagus dan memuaskan. Namun Prisma Color water color pensil tak cocok digunakan di kertas standar utk ngeprint tugas. Warna yang keluar akan pecah, tidak solid dan cendrung seperti mewarnai pake kapur.

Crayola colored pencilsOya, saya juga pernah mencoba pensil warna merk Crayola. Cukup nyaman menggunakan pensil warna ini. Warnanya cukup solid dan yang paling penting, tangan dan jari saya ndak sakit dan cape.

 

 

Derwent Watercolor pencils 36Beberapa waktu lalu saya membeli set pensil warna merk Derwent. Saya belum mencobanya karena kuatir tugas literature review dari pak prof ndak selesai2…

*seandainya review pensil warna ini bisa dikirim ke pak prof sebagai bagian dari tugas lit rev itu… 😎